Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas SDM, DPPKA Adakan Bimtek Perpajakan

sambutan pak kadis1sambutan pak kadis2

 

 

 

 

 

 Senin-Jumat, 18-22 November 2013 bertempat di Grand Ussu Resort dan Hotel, Bogor, Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kota Depok mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Perpajakan yang di isi dengan berbagai pendalaman materi tentang Perpajakan Daerah. Adapun Tim Pengajar di dalam kegiatan Bimtek ini berasal dari Pusdiklat Pajak dan Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

Bimtek Perpajakan ini dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas DPPKA Kota Depok, Dody Setiadi,Ak,MM,CPA. Beliau menjelaskan bahwa Bimtek ini diutamakan untuk para petugas lapangan di Bidang Pendapatan I dan Bidang Pendapatan II, sedangkan perwakilan dari Bidang lain yang mengikutinya di arahkan juga harus mengerti tentang Perpajakan walaupun masing-masing ditempatkan di Bidang Akuntansi, Aset, Sekretariatan maupun Perbendaharaan. Sehingga diharapkan seluruh pegawai DPPKA bisa meningkatkan pengetahuan dan skill-nya dalam mengelola Pajak Daerah dan permasalahannya.

Di dalam Bimtek ini, tidak hanya diajarkan tentang materi Perpajakan, namun juga  materi tentang Komunikasi dan Negosiasi yang sangat diperlukan bagi petugas lapangan dalam melatih kemampuan komunikasinya dalam menghadapi para Wajib Pajak. Dengan bekal kemampuan berkomunikasi dan bernegosiasi yang dimiliki oleh para petugas lapangan, diharapkan nantinya dapat membantu dalam menjalin hubungan baik dengan para Wajib Pajak. Sehingga image buruk petugas pajak yang selama ini negatif  di mata para Wajib Pajak, bisa berubah menjadi petugas yang ramah dan sangat bersahabat namun tegas dalam menegakkan peraturan perpajakan.

materi1materi2

Materi-materi yang diberikan oleh Tim Pusdiklat Pajak dan Kementrian Keuangan RI disampaikan dengan baik dan profesional, sehingga para peserta yang berjumlah 30 orang ini sangat antusias mengikuti Bimbingan Teknis Perpajakan ini dengan indikator banyaknya pertanyaan dan stimulasi lapangan yang di bahas di dalamnya.  Adapun materi perpajakan yang di sampaikan antara lain tentang Pemungutan Pajak Daerah, Pengelolaan PBB dan BPHTB, Metode dan Teknik Pemeriksaan, Siklus Pemeriksaan, Kertas Kerja Pemeriksaaan dan Laporan Hasil Pemeriksaan, dan Aspek Hukum Pemeriksaan. Di dalam Bimtek ini juga dilaksanakan Pre Tes dan Post Tes bagi para pesertanya, hal ini untuk mengetahui sejauh mana pemahaman para peserta ketika sebelum diberikan materi dengan sesudah diberikan materi.

materi3materi4

 

 

 

 

 

 Akhir kegiatan Bimtek ini di tutup oleh Sekretaris Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Kota Depok, Nina Suzana, S.Sos, M.Si. Beliau berharap dengan Bimtek ini, para peserta bisa semakin memahami dan menerapkan ilmu yang di dapat selama Bimtek dalam melaksanakan pekerjaan sebagai petugas pemungut pajak daerah, baik Pajak Daerah secara umum maupun PBB dan BPHTB. Sehingga dengan efektifnya pemungutan pajak daerah, diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Depok lebih baik lagi di tahun-tahun yang akan datang.

Foto Bersama

@ppid_DPPKA

Category: Informasi berita
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Leave a Reply